Close


September 5, 2018127 Views

Workshop Perkuatan Jembatan CH

image_pdfimage_print
  • Workshop Perkuatan Jembatan CH

Penanganan dan pemeriksaan jembatan Callender Hamilton (CH) terus dilakukan oleh Kementerian PU-PR mengingat usia jembatan CH usianya rata-rata lebih dari 40 tahun melalui workshop perkuatan jembatan CH di aula BBPJN VIII surabaya yang diadakan oleh Direktorat Jembatan selama 4 hari mulai 4 s/d 7 September 2018 yang dihadiri sekitar 148 perwakilan Satker dan PPK diseluruh Indonesia yang diruasnya memiliki jembatan CH.
Workshop tersebut dibuka oleh Direktur Jembatan Ir. Iwan Zarkasi, M.Eng.Sc, dalam sambutannya Iwan Zarkasi mengungkapkan kegiatan ini disusun dan dikemas dalam bentuk sederhana “saya menyadari mater ini dideasin pada pelaku utama dilapangan (kasatker dan PPK red)” dalam workshop ini juga disiapkan alat peraga mulai dari kunci torsi analog maupun yang digital.
Dalam akhir sambutannya Iwan Zarkasi menekan kan pekerjaan yang dilakukan ada pertanggung jawaban yang mesti di emban tiap individu di kementerian PU-PR, “dan jangan sampai ada kecelakaan yang terjadi gara-gara keslahan kita”. Pekerjaan jembatan CH Iwan Zarkasi berharap benar-benar ditekuni dan berharap kegiatan ini lebih banyak praktek sehingga materi perkuatan jembatan CH mudah dipahami dan dipelajari.
Kegiatan tersebut ditujukan kepada petugas yang langsung terlibat dalam hal ini terutama PPK yang memiliki jembatan CH dengan mayoritas berupa praktek sehingga mempermudah PPK dalam melaksanakan tugasnya dilapangan.
Dalam kesempatan yang sama Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VIII, Ir. I Ketut Darmawahana, M.MT mengatakan semua stakeholder turut mengawasi semua jembatan CH “karena kita tak bisa kerja sendiri, harus ada kebersamaan”, I Ketut mengistilahkan kebersamaan tersebut ibarat mata -mata tidak bisa melihat satu sama lain, tapi dia selalu bersama, berkedip bersama,menangis bersama, itulah semangat kekompakan”.tutur beliau. Acara tersebut juga dihadiri oleh kasubdit teknik jembatan. Dalam acara workshop ini dapat dimaksimalkan oleh para peserta mengingat acara tersebut menggundang orang-orang yang berkompeten di bidang struktur jembatan.
Agenda workshop tersebut meliputi antara lain kerusakanan CH dan pelaksnaan rehabilitasi dan perkuatan, pengecekan retak baja secara visual dan menggunakan bahan kimia dan alat, pemotongan dan pengelasan,pengecatan diatas las,pengencangan baut dengan teknologi terbaru serta kunjungan kelapangan di jembatan cincin lama.

Bagikan Ke

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *