Close


February 1, 201668 Views

Tol Trans Jawa Ditargetkan Operasional Tahun 2018

image_pdfimage_print

Foto : Kunjungan Kerja Menteri PU PR Ke Tol Trans Jawa

KUNJUNGAN KERJA MENTERI PU PR KE TOL TRANS JAWA
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat, Basuki Hadimuljono, melakukan kunjungan kerja ke ruas Tol Trans Jawa, 26 – 28 Januari 2016. “ kunjungan ini untuk memastikan target tol trans jawa dapat difungsikan pada tahun 2018”. Kata Basuki.

Dalam kunjungan ini Menteri PU-PR didampingi oleh DirekturJenderal Bina Marga, Hediyanto Husaini, Direktur Pembangunan Jalan, Achmad Ghani Ghazali Akman, Direktur Jalan Bebas Hambatan, Perkotaan, dan Fasilitasi Jalan Daerah, Soebagio, Kepala BPJT, Herry T.Z. dan Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional V, I Ketut Darmawahana dan jajarannya.

Basuki mendorong secara intens tol trans jawa sepanjang 616,45 Km ini, terdiri dari 9 ruas yaitu ruas tol Cikampek-Palimanan (116,76 km), ruas Pejagan-Pemalang (57,50 Km), ruas Pemalang-Batang (39,20 km), ruas Batang-Semarang (75 km), ruas Semarang-Solo (72,64 km), ruas Solo-Ngawi (90,26 km), ruas Ngawi-Kertosono (88,35 km), ruas Mojokerto-Jombang-Kertosono (40,50 km), dan ruas tol Mojokerto-Surabaya (36,25 km) dapat selesai tahun 2018.

Secara keseluruhan tidak ada masalah yang berarti dalam pembangunan tol trans jawa, masalah yang dominan pembebasan lahan namun dengan undang-undang yang baru masalah tersebut dapat diselesaikan, tambah basuki.

Menteri PUPR juga menyampaikan, demi mendukung kelancaran arus mudik lebaran tahun 2016, pihaknya berusah amengoperasikan beberapa jalan tol baru di Jawa diantaranya, ruasPejagan-BrebesTimur, ruas Semarang-Solo Seksi III ( Bawen � Salatiga), ruas Solo-Ngawi, Ngawi-Kertosono serta ruas Mojokerto-Surabaya.

Manfaat dari di bangunnya tol Trans jawa ini dapat menekan biaya logistik, menumbuhkan perekonomian dan kusus ruas tol kartosuro – sragen dapat menghindarkan kemacetan yang mungkin terjadi di dalam kota tersebut, tutur Basuki.

Bagikan Ke

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *