Close


May 13, 201918 Views

Tol Pandaan – Malang Diresmikan, Jarak Tempuh Surabaya Ke Malang 1 Jam

image_pdfimage_print

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo  meresmikan pengoperasian jalan tol Pandaan-Malang, Senin (13/5). Peresmian dipusatkan di pintu gerbang Singosari, Kabupaten Malang.

Tol Pandaan – Malang mempunyai 5 seksi, seksi 1 membentang dari Pandaan hingga Purwodadi  sepanjang 15,5 Kilometer, Seksi 2 dari Purwodadi sampai Lawang sepanjang 8 Kilometer, Seksi 3 dari Lawang sampai Singosari sepanjang 7,1  Kilometer, Seksi 4 mulai Singosari hingga Pakis dan seksi 5 dari Pakis sampai Malang sepanjang  7,9 Kilometer.

Tol yang diresmikan adalah ruas seksi 1-3 sepanjang 30,6 kilometer. Sementara untuk seksi 4-5 sepanjang 7,9 kilometer, saat ini pembangunannya masih dalam tahap penyelesaian konstruksi namun untuk memperlancar arus mudik seksi 4 dan 5 dapat difungsionalkan.

Dalam sambutannya Jokowi mengatakan, Penyelesaian pembangunan Tol Pandaan – Malang masih kurang sedikit sekitar 7,9 kilometer yaitu di seksi 4-5 namun ditargetkan selesai tahun ini. “Maksimal akhir tahun. Syukur-syukur bisa maju,” ujarnya.

Jokowi menambahkan, dioperasikannya ruas tol Pandaan-Malang bisa memperlancar arus mudik lebaran. Sebab, akan memangkas waktu tempuh secara signifikan.

“Surabaya-Malang (biasanya) bisa 3 jam. Setelah ini diperkirakan hanya 1 jam,” kata Jokowi.

Selain itu, lanjutnya, pengoperasian jalan tol juga bisa mempercepat mobilitas orang, barang, dan jasa. Sehingga diharapkan bisa mempercepat laju pertumbuhan ekonomi dan wisata di kawasan Malang Raya.

Untuk diketahui, pembangunan Tol Pandaan-Malang dilakukan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM) yang sahamnya dimiliki PT Jasa Marga sebesar 60%, PT Pembangunan Perumahan (Persero) sebesar 35% dan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) sebesar 5%. Proyek infrastruktur ini menelan investasi hingga Rp 5,9 triliun.

Bagikan Ke

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *