Close


August 27, 201849 Views

Sambut Pagelaran IMF-World Bank, Akses Kawasan Ijen Diperbaiki

image_pdfimage_print

Berbagai persiapan tengah dilakukan Indonesia sebagi tuan rumah penyelengara Annual Meetings International Monetary Fund-World Bank Group (AM IMF-WBG) 2018 pada 8-14 Oktober di Nusa Dua, Bali. Untuk menyukseskan acara tahunan IMF yang beranggotakan 189 negara itu Presiden Joko Widodo menetapkan Banyuwangi sebagai daerah penyangga pertemuan tingkat dunia ini.

Lantaran didapuk sebagai daerah penyangga, pemerintah pusat menggelontorkan sejumlah dana guna membenahi sejumlah fasilitas infrastuktur di Banyuwangi. Salah satunya akses menuju kawasan Gunung Ijen dan Alas Purwo. Dua tujuan wisata tersebut rencananya akan menjadi tempat berlibur tamu IMF – World bank yang akan berkunjung ke Banyuwangi.

Akses jalan yang sedang dikerjakan oleh BBPJN VIII melalui PPK Wil Situbondo-Ketapang-Banyuwangi mencapai total panjang 5 Km dengan ruas antara lain, ruas Banyuwangi–Licin (jambu) dengan panjang 2 Km dan ruas jalan Licin (jambu) – Paltuding dengan panjang 3 Km

Pekerjaan preservasi tersebut meliputi pelebaran jalan dan overlay yang nantinya diharapkan mampu meningkatkan kapasitas volume jalan eksisting. Sedangkan untuk sumber dana sepenuhnya menggunakan dana APBN dengan nilai kontrak mencapai Rp 15,5 miliar. Waktu pelaksanaan proyek itu memakan waktu 101 hari kalender kerja dan akan rampung pada 11 oktober 2018 mendatang. Pekerjaan ini digarap oleh PT Triple’s Putra Kediri dengan konsultan pengawas PT. Adhiyasa.

Kaur TU PPK Wil Situbondo–Ketapang–Banyuwangi Hendi Joko Susanto, ST., MM. mengatakan kendala dilapangan yang sering dihadapi adalah faktor cuaca dan perizinan “Kondisi cuaca yang tidak menentu, (sering) hujan, menjadi kendala tersendiri. Selain itu juga masalah perizinan. Izin kepada perhutani tenyata masih pada tahap izin prinsip, seharusnya sudah mencapai ijin pakai,” jelas Hendi.

Perlu diketahui Pemkab Banyuwangi sendiri menargetkan 2.000 wisatawan dari delegasi utusan berbagi Negara itu singgah di Banyuwangi. Empat destinasi wisata andalan yang sudah disiapkan antara lain Taman Wisata Alas Purwo, Pantai Plengkung dengan pemandangan alam yang mempesona serta ombak yang menantang peselancar, Savana Sadengan yang berjarak 2 Km dari pintu masuk Pos Rawa Bendo yang menjadi habitat asli bagi sekawanan banteng, rusa, bahkan harimau, dan Kawah Ijen yang memiliki fenomena langka dan unik berupa api biru  yang hanya ada dua lokasi di dunia. (wira)

Bagikan Ke

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *