Close


April 20, 201571 Views

Rawan Longsor, Jalan Ciregol Direlokasi

image_pdfimage_print

Foto : Penanganan darurat pembukaan jalan pasca longsor di Ciregol

Minggu (14/04) lalu jalur Tegal – Purwokerto terhambat oleh longsornya tebing jalan di Ciregol, Kecamatan Tonjong, Brebes. Di KM 115+750 separuh badan jalan terkena longsor akibat erosi sungai Pedes. Kondisi jalan membahayakan untuk dilewati sehingga dilakukan penutupan lalulintas. Longsor seperti ini sudah terjadi berkali-kali. Maka jalan keluarnya pemerintah merelokasi jalan rawan longsor ke posisi lebih aman.

Menurut Sumarjono Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Wilayah I jawa tengah, untuk penanganan darurat yaitu menggeser sedikit jalan ini ke sebelah kanan, dari arah Purwokerto, dengan melakukan pengepresan tebing milik warga dan perhutani, lebar tebing yang di kepres bervariatif mulai dari 0 – 17 meter dengan rata-rata ketinggian tebing 3,5 meter dan panjang 280 meter, ditargetkan dalam waktu 7 hari jalan sudah dapat dilewati kembali.

Sementara untuk penguatan tebing di sisi sungai akan di pasang sheet pile dan bronjong, baru kemudian di lakukan penimbuhan material biasa dengan panjang 125 meter dan tinggi tebing 50 meter, tambah sumarjono.

Sumarjono, menerangkan, ruas jalan ciregol ini diapit oleh 2 sungai besar, sungai Glagah dan sungai Pedes sehingga ruas ini rawan longsor, tercatat ada 4 titik rawan longsor, KM 115+030, KM 115+350, KM 115+400 dan KM 115+750, untuk penanganan jangka panjang akan dibuat jalur relokasi dari Prupuk Kecamatan Tonjong sampai Ajibarang, Jalur relokasi sepanjang 4,1 Km dan lebar 7,5 meter membutuhkan lahan seluas 92.801,2 m2 dan saat ini masih terkendala pembebasan lahan warga.(msq)

Humas BBPJNV

Bagikan Ke

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *