Close


August 16, 201693 Views

RAPAT KOORDINASI BBPJN VII dan VIII

image_pdfimage_print

Foto : Rapat Koordinasi BBPJN VII dan VIII

RAPAT KOORDINASI BBPJN VII dan VIII – Sesuai dengan Peraturan Menteri No. 20/PRT/M/2016 mengenai Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) V berubah menjadi BBPJN VIII, dengan wilayah kerja Jawa Timur dan Bali. Sedangkan wilayah DI Yogyakarta dan Jawa Tengah ditangani oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VII.

Sebagai langkah tindak lanjut penetapan struktur Balai yang baru, BBPJN VIII menggelar Rapat Koordinasi pada Selasa (16/8) bertempat di Aula BBPJN VIII, Sidoarjo. Dalam pembukaannya, Kepala BBPJN VIII I Ketut Darmawahana menjelaskan pentingnya inventarisasi jumlah dan kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) serta peralatan yang ada.

“Inventarisasi personil dan peralatan kita. Kalau kita memelihara barang yang tidak kita pakai akan berpotensi menjadi temuan, “ungkap Ketut.

Adanya rencana penghapusan kegiatan swakelola mulai tahun depan, pemeliharaan jalan akan dilakukan secara long segment. Namun demikian, pelayanan terhadap masyarakat harus tetap diutamakan. Meskipun dalam prakteknya, tidak semua penyedia jasa long segment memiliki kepedulian yang sama terhadap hal tersebut. Di lain pihak, secara swakelola sudah tidak dapat melakukan perbaikan terhadap jalan yang rusak. Oleh karenanya, perlu penyempurnaan dokumen long segment sehingga lebih efektif dan efisien dalam melayani kebutuhan masyarakat.

Kepala BBPJN VII, Achmad Hery Marzuki juga menyampaikan bahwa BBPJN VII memiliki tugas dalam menyelesaikan permasalahan kemacetan di pintu keluar tol Brebes Timur. “Target pembangunan 5 (lima) flyover selesai sebelum lebaran tahun 2017. Padahal lahan belum tersedia. Semoga dengan koordinasi yang baik kita akan dapat menyelesaikan dengan baik,” imbuh Hery.

Agenda rapat membahas penataan SDM dan Aset Barang Milik Negara (BMN) berdasarkan struktur organisasi balai yang baru, pelaksanaan program Tahun Anggaran 2016 dengan struktur yang baru serta penyampaian kebijakan Menteri PUPR dalam rangka efektivitas pemanfaatan anggaran.

Bagikan Ke

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *