Close


October 25, 2017118 Views

Publikasi via Smartphone

image_pdfimage_print

Foto : Bimtek Penulisan & Fotografi tentang Pemanfaatan Smartphone Sebagai Sarana Publikasi

 

Publikasi produk infrastruktur sangatlah penting baik melalui media cetak, elektronik maupun online. Hal ini merupakan bagian dari transparansi dan keterbukaan informasi publik. Masyrakat kini sangat kritis terhadap informasi. Demikian arahan Kepala Bagian Hukum dan Komunikasi Publik Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Suroto saat membuka acara Bimbingan Teknis Penulisan dan Fotografi melalui Pemanfaatan Smart Phone sebagai Sarana Publikasi pada Kamis (3/3) di Surabaya.
“Kita pandai bekerja tapi tidak pandai untuk marketing dan publikasi. Setiap bulan akan ada laporan setiap minggu ke 3 dilengkapi dengan foto. Balai harus mulai memperhatikan terkait informasi publik dan laporan foto kegiatan yang layak dipublikasikan ke masyarakat. Layak adalah memiliki nilai berita yang tinggi,” imbuh Suroto.
Materi yang dipaparkan narasumber sangatlah menarik, mulai dari Peran Humas di Kementerian PUPR, Pentingnya Institutions Branding, Social Media In 24 Hours, Visual Content dan Smartphone Photography. Hadir sebagai Narasumber berasal dari Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR, Aditya dari Harian Bisnis Indonesia dan Hafidz dari Rwebhinda Media.
Dalam materinya, Hafidz menjelaskan tentang pengembangan media baru melalui kanal-kanal social media. “Biasanya kita cuma produce rilis atau TVC, sekarang kita kembangkan konten dalam bentuk kekinian,” imbuh Hafidz.
Social media sebagai salah satu bentuk dari kekinian terbukti cukup efektif untuk mengkomunikasikan program, kegiatan, dan kinerja. Hal ini juga dipengaruhi dengan adanya media shifting. Media bergeser dimana orang mulai meninggalkan media konvensional seperti TV, radio bahkan cetak. Beberapa media merespon dengan tidak hanya memiliki satu kanal. Misalnya koran tidak hanya memiliki versi cetak namun juga versi online. Di Inonesia penetrasi pengguna internet total sekitar 88 juta. Dengan demikian, penggunaan kanal-kanal social media menjadi penting dalam publikasi produk infrastruktur.

Bagikan Ke

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *