Close


July 28, 2015110 Views

PU Buka Posko Mudik 2015

image_pdfimage_print

Foto : Posko Mudik Lebaran Menghiasi Jalan Arteri

Tahun ini ada posko mudik baru menghiasi jalan arteri. Selain yang didirikan oleh Dinas Perhubungan Provinsi, Direktorat Jenderal Bina Marga KementerianPU-PERA juga mendirikan posko Lebaran.
Dilingkungan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional V Jumlahnya ada 14 posko tersebar di jalur utara 5 posko, lintas tengah 3 posko lintas selatan 4 posko, dan lintas penghubung 3 posko. Posko ini tanggung jawab masing-massing Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional, Kepala Satuan Kerja dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) untuk membantu pemudik dan mengawasi kondisi jalan.
Pendirian posko ini sesuai dengan Surat Edaran Dirjen Bina Marga No.15/SE/Db/2015. Tujuannya agar jaringan jalan nasional berfungsi optimal selama arus mudik. Para pejabat dilingkungan Bina Marga diminta bersiaga selama lebaran mulai H-14 hingga H+7.
Menurut Kepala Subdit Teknik Jalan, Ir. Miftachul Munir MT, posko harus sesuai dengan SE Dirjen tidak hanya sepanduknya tapi model bangunannya. Dengan standar bangunan yang sama mengharapkan masyarakat lebih mudah mengenal posko Bina Marga sehingga eksistensi Bina Marga di mata masyarakat lebih dikenal.
Di posko wajib ada kotak PPPK untuk pertolongan pertama kalau ada kecelakaan dan peralatan perbaikan jalan seperti dump truck, bacho loader, tandem roller, grader, bakhoe, maupun ekscavator.
Menurut SE itu pembangunan posko oleh PPK harus di pinggir jalan nasional, mempunyai area parkir luas dan mudah dicapai masyarakat. Posko berukuran 4×6 meter dari bahan non permanen seperti asbes, kayu, tripleks,seng.
Posko ini berdiri mulai H-14 hingga H+7. didalamnya terdapat peta lokasi posko, peta jaringan jalan nasional dan jalur mudik, nama dan momor HP PPK, nama dan nomor HP operator jalan.
Jika terjadi gangguan infrastruktur jalan diminta segera melapor kepada atasannya untuk segera diselesaikan.
keberadaan posko lebaran ini terbukti efektif dan efisien mengatasi persoalan yang muncul mendadak. seperti kejadian jalan longsor di Watu Dodol, Banyuwangi pada Selasa, 14 Juli 2015 pukul 09:00 yang lalu. Tiba-tiba saja berem jalan di bibir pantai itu longsor terkena abrasi ombak laut. Sebuah mobil pemudik yang parkir dilokasi itu ikut terjerumus ke lubang longsor.
Laporan atas peristiwa itu langsung di tanggapi dengan cepat oleh PPK Situbondo-Ketapang-Banyuwangi, Ir.Sugiyanto,MM. Mobil segera diderek keluar. Kemudian ekskavator meluncur meratakan sirtu yang ditumpahkan dari dumptruck untuk menguruk lubang.

Bagikan Ke

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *