Close


December 21, 2017113 Views

Presiden RI Joko Widodo Resmikan Jalan Tol Sumo Seksi IB, II & III

image_pdfimage_print

Foto : Presiden RI Joko Widodo Resmikan Jalan Tol Sumo Seksi IB, II & III

Surabaya Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol (Sumo) Surabaya-Mojokerto pada Selasa (19/12). Dengan peresmian tersebut, jalan tol sepanjang 36,27 kilometer itu sudah dapat beroperasi.

Peresmian berlangsung di depan Gerbang Tol (GT) Warugunung sekitar pukul 15.15 WIB. Presiden didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Rini M Soemarno, Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani dan Direktur Utama PT Jasamarga Surabaya Mojokerto Budi Pramono.

Pengoperasian Jalan Tol Sumo Seksi IB, Seksi II, dan Seksi III menyusul surat keputusan laik jalan yang diterbitkan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan Nomor AJ.409/1/9/DRJD/2017 tanggal 1 November 2017, dan Berita Acara Evaluasi Laik Fungsi Nomor BA.202.2/BPJT/JL.03.04/2017 tanggal 27 Oktober 2017.

“Pembangunan Tol Sumo ini sejak 1994, Pak JokowiTol Sumo sangat ditunggutunggu warga Jatim. Biasanya dari Surabaya ke Mojokerto 2 jam lebih kalau pas macet,” kata Soekarwo dalam sambutannya saat peresmian Tol Sumo di pintu gerbang Warugunung.

Oleh karena itu, atas nama masyarakat Jatim, Soekarwo menyampaikan banyak terima kasih kepada Presiden Jokowi atas diresmikannya tol sepanjang 36,27 kilometer.

Sementara itu, Presiden mengatakan, 3 (tiga) ruas terakhir dari Tol Surabaya-Mojokerto yang diresmikan hari ini merupakan ruas pamungkas dari 2 (dua) ruas sebelumnya. Dua ruas sebelumnya yaitu Seksi IA Waru-Sepanjang dan Seksi IV Krian-Mojokerto.

Presiden menekankan, bahwa pemerintah akan terus menggarap proyek infrastruktur demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Jalan tol kita dari Merak sampai Banyuwangi itu sepanjang 1.167 kilometer, akan selesai insya allah akhir 2019,” kata Jokowi.

Saat ini, total jalan tol Trans Jawa yang sudah beroperasi 561 kilometer atau separuh dari target. Sementara, 433 kilometer diantaranya masih dalam tahap konstruksi dan 171 kilometer dalam tahap persiapan. Untuk ruas yang masih dalam tahap konstruksi, 268 kilometer diantaranya berada di Provinsi Jawa Timur.

“Setelah Jawa rampung, pindah ke luar Jawa yang sekarang sudah dimulai. Misalnya, Tol Trans Sumatera yang sudah bergerak di Lampung, Palembang, Medan dan sekitarnya,” imbuh Jokowi.

Sementara itu, Direktur Utama PT Jasa Marga Desi Arryani menambahkan, setelah peresmian jalan tol ini, Jasa Marga segera merampungkan pekerjaan proyek selanjutnya yakni Tol Ngawi-Kertosono.

“Tahun ini tetap akan selesai fisiknya, kemudian uji laik operasi. Kita targetkan operasi Januari 2018,” kata Desi.

Usai meresmikan ruas tol Sumo, Jokowi langsung menjajal tol dengan naik mobil listrik buatan ITS. (dw)

Humas BBPJN VIII

Bagikan Ke

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *