Close


February 29, 201695 Views

PPID Pusat Pantau Pelayanan KIP dengan E-Office PPID

image_pdfimage_print

Foto : Peluncuran Aplikasi elektronic office Biro Komunikasi Publik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

PPID Pusat Pantau Pelayanan KIP dengan E-Office

Biro Komunikasi Publik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat meluncurkan Aplikasi elektronic office (e-office) untuk mempermudah melakukan pengawasan pelaksanaan informasi publik baik ditingkat PPID pusat maupun di tingkat daerah.
“Dengan aplikasi ini, PPID Pusat dapat memantau permohonan informasi publik dan mendorong penyelesaian permohonan informasi publik 10 hari kerja dapat tercapai” ujar Indri dari Sub Bagian Pelayanan Informasi Publik, saat workshop Keterbukaan informasi publik 24-25 Februari 2016 di hotel Swiss Bellin Surabaya.
Djoko Karsono, Kepala Bagian Pelayanan Informasi Publik dan Umum, Biro Komunikasi Publik menambahkan sesuai dengan Kepmen PUPR Nomor 647 tahun 2015 tentang penetapan Struktur Organisasi dan Penunjukan PPID Kementerian PUPR yang bertindak sebagai PPID di daerah adalah UPT/Balai. Dengan demikian, permohonan informasi publik harus melalui Balai walaupun data berada di Satker ataupun PPK, sehingga semua permohonan informasi publik terdokumentasi dengan baik.
“Agar permohonan informasi tersentralisasi, untuk itu operator e-office adanya di tingkat balai”, imbuh Karsono.
Sementara itu Radiatmoko, praktisi yang membuat aplikasi tersebut mengatakan aplikasi ini dibuat sangat sederhana agar mudah digunakan oleh user. Aplikasi ini terdiri dari surat masuk dan surat keluar, surat masuk digunakan untuk untuk memasukkan surat permohonan informasi publik. Pada surat masuk di tandai batasan waktu untuk menjawab yaitu 10 hari kerja. Kemudian akan muncul indikator waktu sebagai kontrol waktu yang tersedia untuk menjawab. Sedangkan surat keluar merupakan dokumen jawaban dari permohonan informasi publik.
Saat ini aplikasi sudah online namun alamat webnya masih IP address (Internet Protocol Address) menunggu dibuatkan domainnya.
Saat pelatihan panitia meminta maaf karena server yang digunakan eoffice sedang ada masalah sehingga tidak dapat jalankan online sehingga menggunakan localhost atau web local (offline).

Bagikan Ke

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *