Close


January 8, 2016111 Views

Percepatan Kerja, Kementerian PUPR Tanda Tangan Kontrak Awal Tahun

image_pdfimage_print

Foto : Presiden Joko Widodo menyaksikan Penandatanganan Kontrak Kegiatan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Tahun 2016 melalui video conference bertempat di Pendopo Kementerian PUPR

Presiden Joko Widodo menyaksikan Penandatanganan Kontrak Kegiatan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Tahun 2016 melalui video conference bertempat di Pendopo Kementerian PUPR. Penandatanganan serentak dilaksanakan di lima lokasi yakni, Surabaya, Medan, Manado, Banjarmasin dan Jayapura pada Rabu (6/1).

Jokowi menekankan untuk memberdayakan pola baru dengan melakukan kontrak serta memulai pekerjaan di awal tahun. Dengan percepatan ini, menurut Jokowi, investor akan menaruh kepercayaannya kepada Indonesia. Total paket yang ditandatangani adalah sebanyak 644 paket dengan nilai kontrak sebesar Rp 8,814 triliun.

“Dengan nilai anggaran yang besar harus bisa membuka lapangan pekerjaan, gunakan kontraktor lokal, apabila tidak ada gunakan kontraktor nasional dengan sub lokal serta gunakan local content harus diutamakan, jangan impor,” pesan Jokowi.

Menteri PUPR sebelumnya menyampaikan target Januari 2016, telah tertandatangan kontrak sebanyak 1.026 paket. Dengan demikian akhir Januari dapat menyerap 5-6 %.

Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional V Surabaya, menjadi tuan rumah untuk penandatanganan kontrak yang mewakili wilayah Jawa, Bali, NTB dan NTT yang terdiri atas 138 paket dengan nilai 2,51 triliun dengan rincian 17 paket diatas 50 miliar dan 121 paket dibawah 50 miliar. Turut hadir Gubernur Jawa Timur, Kejati Jawa Timur, Direktur Pengembangan Jaringan Jalan, Direktur Operasional SDA, Perwakilan BAPPEDA, BPKAD, BPKP serta Kepala Dinas terkait.

Paket kontrak yang secara simbolis ditandatangani antara lain Paket Preservasi Rehabilitasi Jalan Mayor Jalan Lohbener-Indramayu-Cirebon-Losari (Provinsi Jawa Barat), Preservasi Rehabilitasi Minor Bts. Kota Pandeglang-Cigelung (Bts. Provinsi Banten), Preservasi Jalan Sidareja-SP3 Jeruklegi-Cilacap (Provinsi Jawa Tengah), Pembangunan Jalan Popoh-Prigi- Panggul (Provinsi Jawa Timur), Preservasi Jalan Sp. Tohpati-Tampak Siring-Istana Presiden (Provinsi Bali), Pembangunan Jalan Talabiu-Bts. Kota Bima (Provinsi NTB), Pembangunan Rumah Pompa dan Jiat Perpipaan I Kab. Sragen Provinsi Jawa Tengah), Pembangunan Embung Tunggulrejo Kab. Grobogan (Provinsi Jawa Tengah), Pengembangan SPAM IKK Jatinangor (ITB) Tahap II, dan Penyusunan Manajemen Mutu Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan.

Bagikan Ke

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *