Close


July 10, 20186 Views

Pemeliharaan Jalan Dengan Material Seal Coat Mastic dan Thin Layer CPHMA Tahan 2 Tahun

image_pdfimage_print

Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VIII bekerjasama dengan PT. Cipta Titian Persada melakukan sosialisasi Program pemeliharaan jalan secara preventif atau pencegahan dengan material Seal Coat Mastic Asbuton Modifikasi dan lapis tipis Cold Paving Hotmix Asbuton (Thin Layer CPHMA) pada Selasa 10 Juli 2018 di Aula BBPJN VIII.

Kepala bidang penelitian dari PT. Cipta Titian Persada, Ajat Sudrajat  selaku narasumber mengatakan  aspal Asbuton merupakan aspal alam yang harus dikembangan, penerapan teknologi ini merupakan hasil evaluasi penggunaan aspal minyak yang hanya dapat digunakan dalam kondisi panas dengan temperatur tertentu, sehingga perlu inovasi agar pekerjaan dapat fleksible dan aspal Asbuton menjawab itu dapat di hampar dalam kondisi suhu panas maupuan suhu dingin. Selain itu produk aspal ini memiliki daya tahan yang lebih baik dan juga biaya yang lebih rendah apabila di bandingkan dengan aspal minyak.

ia menambahkan produk aspal asbuton sudah di ujicoba  di tol cipularang, Jalan Nasional Lamongan, Mojokerto, Mojoagung, Kletek, Ngawi dan Jalan Nasional Madura.

” sudah di ujicoba di tol Cipularang aspal asbuton di sandingkan dengan aspal minyak, kerja sama dengan Jasa Marga setempat dicarikan lokasi yang sering rusak hasilnya aspal asbuton lebih kuat, jalan tol yang di aspal dengan aspal minyak sudah di lapisi lagi sementara aspal asbuton sudah jalan 4 tahun kondisinya masih bagus” ujar ajat saat ditemui humas.

” untuk di wilayah BBPJN  VIII kerjasama sudah berlangsung 2 tahun namun lebih ke arah kebutuhan tutup lubang (pactching) dan sekarang kita ingin pekerjaan preventif yang lebih luas dengan lapis tipis CPHMA 2 cm namun memiliki daya tahan 2 tahun sehingga lebih hemat biaya dibandingkan dengan overlay aspal minyak dengan biaya yang lebih mahal ” tambah ajat.

Kerusakan yang umum terjadi pada pekerjaan campuran beraspal yaitu deformasi plastis, retak-retak, lepas-lepas, permukaan sudah aus/aging dan lubang-lubang ditambah dengan metode penanganan dan penggunaan bahan yang kurang tepat akan mengakibatkan perbaikan berulang salah satu solusinya yaitu penanganan secara preventif yaitu material yang tepat seperti seal coat dengan asbuton modifikasi, lapis tipis cold paving hotmix asbuton.

acara sosialisasi ini  dihadiri oleh Kepala Bidang Preservasi dan Peralatan I, Kepala Bidang Preservasi II, Satker, PPK Penyedia Jasa dilingkungan BBPJN VIII wilayah Jawa Timur.

 

 

Bagikan Ke

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *