Close


July 28, 2015276 Views

Pembangunan Jalan Tambak Mulyo – Congot Mebuka Keterpencilan

image_pdfimage_print

Foto : Pembangunan Jalan Tambak Pulyo Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Warga

Pembangunan Jalan Tambak Mulyo – Pembangunan Jaringan Jalan Lintas Selatan (JJLS) Jawa Tengah terus dilakukan pemerintah untuk membedah kawasan itu dari keterpencilan. Proyek yang dinamakan Regional Roads Development Project (RRDP) salah satu yang dikerjakan secara bertahap adalah mewujudkan jalan Rencana Strategis Nasional dan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi wilayah dari Tambakmulyo, Kabupaten Kebumen hingga ke Congot, Kabupaten Purworejo.
Pembangunan jalan ini sangat penting sebagai jalan alternatif seiring dengan pertumbuhan lalu lintas yang semakin meningkat dari Cilacap ke Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta melewati Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Purworejo dan untuk mengurangi kepadatan jalur tengah Cilacap – Buntu – Kebumen – Purworejo. Anggaran biaya untuk penanganan Ruas jalan Wawar – Congot dan ruas Jalan Tambakmulyo – Wawar dari pinjaman luar negeri melalui Islamic Development Bank (IsDB).
Rencana pembangunan fisik jalan ini dikerjakan setahap demi setahap mulai Juni 2015 dan sebagai Penanggung jawab lapangan adalah PPK Pelaksanaan Jalan Slarang-Tambak Mulyo-Congot Satker Pelaksanaan Jalan Nasional I Jawa Tengah.
Tanda tangan kontrak paket Lot 1 Tambakmulyo – Wawar sudah dilakukan dengan pemenang tender PT. Pembangunan Perumahan – PT. Armada Hada Graha, Jo alamat jalan Pemuda No. 165 Semarang pada tanggal 12 Januri 2015 dengan nilai kontrak sebesar Rp. 243.741.564.000 ( Dua ratus empat puluh tiga milyar tujuh ratus empat puluh satu juta lima ratus enam puluh empat ribu rupiah ) untuk menyelesaikan pekerjaan pembangunan jalan baru sepanjang 38,462 km (termasuk jembatan Luk Ulo sepanjang 180 m’) dengan waktu pelaksanaan selama 3 tahun.
Persiapan serta koordinasi dengan pemerintah daerah dan sosialisasi ke masyarakat sudah dilakukan, sebab untuk mewujudkan jalan ini sudah dibebaskan tanah warga berupa ladang dan perkebunan masyarakat dengan anggaran biaya sharing pemerintah daerah dan pemerintah provinsi.
Tanda tangan kontrak paket Lot 3 Wawar – Congot juga sudah dilakukan tanggal 07 Januari 2015 dengan PT. Jaya Konstruksi Manggala Pratama, Tbk alamat kantor Taman Bintaro Jaya Gedung B jalan Bintaro Raya Jakarta dengan nilai kontrak sebesar Rp. 58.253.088.000 ( Lima puluh delapan milyar dua ratus lima puluh tiga juta delapan p[uluh delapan ribu rupiah ) untuk penanganan pelebaran jalan sepanjang 14,125 km dengan waktu pelaksanaan selama 12 bulan (1 tahun).
Kondisi saat ini lebar existing jalan Wawar – Congot bervariasi antara 4,5 meter hingga 6 meter dengan panjang fungsional 23.870 km dan kondisi jalan yang sudah baik sepanjang 9 km. Sedangkan untuk pemeliharaan rutin setiap tahunnya dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah lewat Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Tengah. Gambar desain perencanaan perkerasan aspal akan dilebarkan dari lebar existing 4,5 m’ menjadi 6,5 meter dan bahu jalan kanan kiri menjadi 2.5 m’.
Lebar Daerah Milik Jalan (DMJ) yang telah dibebaskan rata-rata baik ruas Tambakmulyo – Wawar dan ruas jalan Wawar – Congot adalah 24 m’ dan untuk pengaman aset sesuai gambar desain akan ditanam pohon Trembesi tiap jarak 25 m’. Pembongkaran beberapa rumah yang terkena pelebaran jalan sudah dilakukan setelah ganti rugi dibayarkan. Patok-patok batas rencana jalan juga telah ditanamkan pada ladang-ladang yang sudah diberi ganti rugi oleh pemerintah. Selama lahan yang sudah dibebaskan belum dikerjakan, warga masih dibolehkan menanami ladang yang biasanya ditanami jagung, lombok, pepaya, tebu, ketela dan lain-lain.
Semoga pembangunan kedua paket ini bisa cepat selesai tepat waktu, tepat mutu dan tepat biaya dan bisa segera dinikmati oleh masyarakat serta mendukung program Bapak Gubernur Jawa Tengah mewujudkan infrastruktur di Jawa Tengah yang mantap, aman, nyaman dan lancar. (Humas)

Bagikan Ke

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *