Close


August 27, 2018118 Views

Pelebaran Jalan Menuju Standar Nasional

image_pdfimage_print

Balai Besar Pelakasanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII melalui Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Gempol-Pasuruan-Probolinggo melakukan Pekerjaan Preservasi Rehabilitasi Jalan Lawean-Sukapura. Jalan ini merupakan akses menuju kawasan wisata Gunung Bromo.

Pekerjaan tersebut meliputi Flexyble Pavement, Rigid Pavement, dan peleberan jalan menuju Standar sepanjang 1.3 Km. Lebar Jalan Laweyan yang semula 6 meter akan ditambah menjadi 7,5 meter.

PPK Gempol-Pasuruan-Probolinggo Sentot Wijayanto mengatakan, pekerjaan yang kontraknya dimulai 17 April 2018 itu pelaksaannya memakan waktu 258 hari kalender kerja. Targetnya rampung pada 31 Desember 2018. Pelebaran jalan ini menghabiskan biaya sekitar Rp. 9 miliar.

Sentot menambahkan, perkerasaan aspal menggunakan AC-WCP atau aspal plastik dengan ketebalan 4 CM. Seperti kita tahu, meskipun bersifat non struktural, AC-WCP menambah daya tahan perkerasaan terhadap penurunan mutu secara keseluruhan, menambah masa pelayanan dari konstruksi perkerasaan.

Penggunaan aspal plasik itu sesuai dengan usulan BBPJN VIII kepada Dirjen Bina Marga mengenai penerapan teknologi aspal plastik pada paket pekerjaan tahun anggaran 2018

Sentot menjelaskan, penggunaan aspal plastik mampu meningkatkan stabilitas. Sebelumnya aspal plastik sudah pernah diuji coba di gempol. Dalam kebutuhannya 1 ton hotmix membutuhkan 6 persen dari aspal minyak.

Sentot mengatakan, untuk efektifitas pekerjaan, pelebaran sepanjang 1.3 Km itu dibagi menjadi tiga spot. Hal ini disebabkan karena pekerjaan ini bersinggungan dengan Proyek Tol Interchange (IC) Muneng, dan adanya keberadaan jembatan.

“Untuk pelebaran jalan yang di depan IC Muneng akan dilakukan oleh PT Waskita, informasi yang saya terima sekitar 250 meter untuk IC Muneng,” ungkap pria kelahiran Wonogiri itu.

Sejauh ini dalam pekerjaan pelebaran jalan hampir tidak ditemui kendala. Sebab proyek pelebaran jalan itu masih berada di ruas jalan, sehingga tidak diperlukan pembebasan lahan. {} (Wira)

Bagikan Ke

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *