Close


June 5, 201887 Views

Pelayanan Mudik 2018 Harus Lebih Baik Dari Tahun Lalu

image_pdfimage_print
  • Foto : Komisi V DPR RI menggelar kunjungan kerja spesifik dalam rangka  persiapan arus mudik lebaran 2018

Komisi V DPR RI menggelar kunjungan kerja spesifik dalam rangka  persiapan arus mudik lebaran 2018 di Jawa Timur pada  Rabu siang (30/5). Rombongan  yang terdiri dari 14 orang anggota DPR yang dipimpin  oleh Sigit Susiantomo melakukan tinjauan ke beberapa lokasi untuk mengecek kesiapan sarana dan prasarana transportasi angkutan Lebaran. Lokasi yang dikunjungi antara lain Bandara Blimbingsari, Pelabuhan Ketapang dan stasiun Banyuwangi Baru.

Turut mendampingi dalam Kunker ini wakil Gubernur Banyuwangi,  Yusuf Widiatmoko dan perwakilan dari mitra kerja yaitu Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Perhubungan yang meliputi perhubungan darat, laut dan udara serta Basarnas dan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Sigit Susiantomo menjelaskan pemantauan  ini merupakan tugas konstitusional dan momen mudik lebaran sudah agenda rutin untuk itu kami ingin mendapatkan masukan-masukan dari mitra kerja sehingga nantinya penyelengaraan arus mudik dan balik bisa lebih baik dari tahun sebelumnya dan dapat memberikan pelayanan prima kepada masyakarat.

” Alhamdulillah perhubungan udara mendapatkan sertifikat internasional peringkat ke 69 keselamatan udara, naik 90 poin dari sebelumnya peringkat 159, dan kita ingin perhubungan darat dan laut juga mengalami peningkatan pelayanan yang siknifikan sehingga pelayanan mudik lebih baik tiap tahunnya dan kita sebagai bangsa naik kelas dalam penyiapan arus mudik dan balik” jelas Sigit.

Ia memprediksi  puncak arus mudik diperkirakan tanggal 11-13 Juni, baik bandara, Pelabuhan dan Stasiun di Banyuwangi siap menyambut arus mudik lebaran. Kondisi di bandara Banyuwangi dari kapasitas slot run way 20 pesawat perjam sekarang yang terpakai rata-rata 13-15 jadi masih cukup apabila ada lonjakan penumpang dan mas kapai ingin  melakukan penerbangan tambahan, kenaikan penumpang udara diperkirakan 1,9 %, untuk saat ini rata-rata perhari 1000 penumpang, Sementara untuk pelabuhan Ketapang ada 56 kapal yang disiapkan, 32 kapal biasa dioperasikan tiap hari dan 24 kapal cadangan.

 

Bagikan Ke

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *