Close


October 18, 2017140 Views

Pelatihan Aplikasi Jalan Kita (JAKI) Wilayah Jawa Timur

image_pdfimage_print

Foto : Pelatihan Aplikasi Jalan Kita (JAKI)(JAKI) pada hari Selasa (29/8) bertempat di Hotel Swiss Bellin Airport Juanda, Sidoarjo.

Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII Surabaya melalui Bidang Preservasi dan Peralatan I menyelenggarakan Pelatihan Aplikasi Jalan Kita (JAKI) pada hari Selasa (29/8) bertempat di Hotel Swiss Bellin Airport Juanda, Sidoarjo.

“Aplikasi Jalan Kita bertujuan untuk memfasilitasi partisipasi masyarakat pengguna jalan di Indonesia dalam memberikan informasi terkait kondisi Jalan dan Jembatan dengan memanfaatkan Teknologi berbasis Ponsel dan Web”, ujar Rudy Christanto Collin Napitupulu Kepala Seksi Preservasi dan Peralatan Jalan I saat membuka acara.

Rudy berharap acara ini dapat menambah pengetahuan dan pemahaman bagi penilik jalan dalam menggunakan Aplikasi Jalan Kita sehingga dapat melakukan pelaporan kondisi jalan secara real time. Acara yang berlangsung selama 3 (tiga) hari, diikuti oleh Penilik Jalan yang berasal dari wilayah Jawa Timur. Para penilik jalan juga dibekali dengan tata cara penggunaan aplikasi JAKI mulai dari mengunduh aplikasi melalui App Store atau Play Store hingga mencoba membuat laporan kondisi jalan menggunakan Aplikasi JAKI.

Aplikasi JAKI awalnya dikembangkan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan dan Jembatan (PUSJATAN) Badan Litbang Kementerian PUPR. Latar belakang pengembangan aplikasi ini adalah meningkatkan pelayanan bagi masyarakat pengguna jalan berbasis teknologi komunikasi. Mengingat jumlah penduduk Indonesia yang menggunakan telepon seluler kian bertambah secara signifikan mengisyaratkan pemanfaatan teknologi komunikasi melalui perangkat telepon selular sangatlah potensial. Aplikasi JAKI dilanjutkan pengembangannya oleh Direktorat Pengembangan Jaringan Jalan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR untuk dipergunakan secara luas di seluruh Indonesia.

Kategori informasi yang dapat dilaporkan dalam Aplikasi JAKI antara lain jalan rusak, Genangan Air/banjir dan Pelanggaran. Jalan Kita merupakan aplikasi yang dapat menerima laporan dari masyarakat secara real time mengenai kondisi jalan apabila terjadi kerusakan. Aplikasi ini terintegrasi dengan layanan Googlemap, sehingga pengguna dapat mengakses informasi peta secara realtime. Selain itu, JAKI dapat menampilkan titik – titik informasi yang diterima oleh server aplikasi Jalan Kita dalam 24 jam terakhir.

Pengguna jalan yang menemukan kondisi jalan dan jembatan yang rusak dapat melaporkannya melalui Aplikasi Jalan Kita dengan mengunduh pada App Store danPlay Store. Selain itu, masyarakat pengguna jalan dapat menggunakan social media dengan menambahkan tagar (tanda pagar) (hastag) #jalankita, untuk mengirimkan informasi kondisi jalan dan jembatan serta lalu-lintas jalan di Indonesia melalui Twitter. Server Aplikasi Jalan Kita secara otomatis melakukan grabbing informasi dan menyimpannya dalam server, dan tentu saja beserta foto dan lokasi GPS apabila diaktifkan. (arl)

Bagikan Ke

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *