Close


May 13, 2016108 Views

Optimalisasi Pemanfaatan Bagian-Bagian Jalan

image_pdfimage_print

Foto : Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) V bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo mengadakan Sosialisasi Pemanfaatan Bagian-Bagian Jalan

Optimalisasi Pemanfaatan Bagian-Bagian Jalan

Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) V bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo mengadakan Sosialisasi Pemanfaatan Bagian-Bagian Jalan pada Kamis (12/5) bertempat di Pendopo Delta Wibawa, Kabupaten Sidoarjo. Dalam sambutannya, Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah menjelaskan bahwa berbagai permasalahan yang ada membutuhkan penanganan yang cerdas, cermat dan tepat dari pemerintah. Seperti halnya, permasalahan terkait infrastruktur jalan. Tingginya volume kendaraan tentu menurunkan kapasitas jalan. Oleh karena itu untuk menjamin kelancaran dan keselamatan pengguna jalan sangatlah penting adanya sosialisasi pemanfaatan bagian-bagian jalan.

“Informasi ini dapat menjadi dasar bagi camat dan kepala desa dalam mengambil tindakan terkait pemanfaatan bagian-bagian jalan. Hal tersebut terkait perizinan, pemantauan maupun pemanfaatan jalan. Partisipasi semua pihak dalam rangka pemanfaatan dan pengawasan pemanfaatan bagian-bagian jalan merupakan hal yang sangat diperlukan,“ imbuh Saiful.

Sementara itu, Kepala BBPJN V I Ketut Darmawahana menerangkan bahwa sosialisasi ini seiring dengan rencana strategis BBPJN V dalam hal preservasi jalan serta pengendalian dan pemanfaatan bagian-bagian jalan khususnya jalan nasional.

“Kerjasama tidak sekedar hanya sebatas sosialisasi, namun lebih nyata lagi yaitu, bagaimana masing-masing instansi pemerintah (kabupaten, kecamatan dan desa) dapat berperan sesuai kewenangannya dan jika memungkinkan dapat melibatkan peran masyarakat untuk penataan dan pengendalian ruang di sepanjang jalan nasional,” tegas Ketut.

Materi sosialisasi bersumber pada UU No. 38 Tahun 2004 tentang Jalan; PP No. 34 Tahun 2006 tentang Jalan; dan Permen PU No. 20/PRT/M/2010 tentang Pedoman Pemanfaatan dan Penggunaan Bagian-Bagian Jalan. Hadir sebagai narasumber Kepala BAPPEDA Kabupaten Sidoarjo, Sulaksono yang menyampaikan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) & Rencana Transportasi Kabupaten Sidoarjo. Materi kedua mengenai Sosialisasi Bagian-Bagian Jalan yang disampaikan oleh Kepala Bagian Tata Usaha BBPJN V, Tri Indianto. Mater terakhir mengenai Pemanfaatan Bagian-Bagian Jalan terkait dengan Izin, Rekomendasi dan Dispensasi disampaikan oleh Purnyoto, Kepala Seksi Preservasi II. Perserta sosialisasi berasal dari instansi Pemerintah Kabupaten Sidoarjo; Camat dan Kepala Desa/Lurah Kabupaten Sidoarjo serta PPK dan penilik jalan di lingkungan BBPJN V. Sosialisasi juga diikuti dengan acara bakti sosial berupa santunan anak yatim yang berasal dari Yayasan Dharma Wanita Kabupaten Sidoarjo.

Bagikan Ke

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *