Close


September 11, 201551 Views

Observasi Lapangan Paket Rekonstruksi Jalan Pakah – Tuban

image_pdfimage_print

Foto : Observasi Lapangan Paket Rekonstruksi Jalan Pakah – Tuban

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Tuban-Babat- Lamongan – Gresik beserta jajarannya menerima kunjungan lapangan Balai Diklat Provinsi Jawa Tengah, 8 September 2015. Sebanyak 36 Peserta diklat mengunjungi pekerjaan fisik rekonstruksi jalan sepanjang 1,4 Km di ruas Pakah – Tuban Km 91+096 sampai dengan 92+236.
Menurut Jaka Sunarya Kasubbid Diklat Teknis Badan Diklat Provinsi Jawa Tengah, tujuan observasi Lapangan ini untuk menambah wawasan para pengawas lapangan dan aplikasi teknis operasional di lapangan.
Sunarya menambahkan Sebelum melakukan kunjungan ke lapangan peserta di berikan teori di kelas, dan saaat dilapangan Peserta di minta melakukan observasi dan menggali sebanyak-banyaknya informasi untuk bahan membuat laporan.
“laporan hasil observasi akan diseminarkan oleh peserta dan didiskusikan dengan nara sumber dari Universitas Diponegoro,” ujar Sunarya.
Semantara itu PPK Tuban-Babat-Lamongan-Gresik Nuruddin Pujoartanto menyambut baik kegiatan observasi lapangan ini. “kegiatan seperti ini bisa memberikan penyegaran kepada peserta diklat,”. Ujar Artan.
Artan menjelaskan rekonstruksi jalan merupakan proses mengembalikan kondisi struktur jalan dari lapisan pondasi sampai lapisan permukaan, karena kondisinya tidak seragam beberapa titik dilakukan cold miling dan beberapa titik dilakukan rekonstruksi.
Artan menambahkan kalau grafik pelayanan jalan tahun pertama sampai tahun ke empat dilakukan pemeliharaan rutin, tahun kelima dilakukan pemeliharaan berkala karena konstruksi jalan sudah turun, tahun ke sepuluh lebih turun dari kondisi 5 tahun pertama makanya untuk menaikkan ke kondisi semula dilakukan rekonstruksi.(Msq)
Humas Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional V

Bagikan Ke

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *