Close


July 28, 201559 Views

Jembatan Manyar Fungsional Penuh

image_pdfimage_print

Foto : Jembatan Manyar Tampak Atas

Jembatan Manyar Fungsional Penuh – Ir. Hari Suko Setiono, M.Eng.Sc, Kepala Bidang Pelaksanaan II Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional V, Mengatakan, selama perbaikan, jembatan ini hanya bisa dilewati satu lajur. Pekerjaan perbaikan pada pada lantai
jembatan yang mulai dibongkar pada 25 Mei 2015 yang lalu.
Jembatan Manyar kondisinya sudah rusak berat dan sering menimbulkan kemacetan hampir setiap hari, karena itu mendapatkan prioritas perbaikan.
“Meskipun waktu pekerjaan mendekati arus mudik dan balik lebaran hal tersebut tidak menjadi masalah karena jembatan ditargetkan H-10 sebelum lebaran sudah selesai,” ujar Hari Suko.
Ternyata pada H-14 jembatan sudah dapat fungsional kembali sehingga arus lalu lintas saat mudik lebaran dapat berjalan dengan lancar.”Dengan kerja keras kami dapat menyelesaikan pekerjaan hingga tuntas empat hari sebelum target,” sambung dia.
Untuk mencapai target tersebut Kami mengoptimalkan pelaksanaan pekerjaan dengan menambah tenaga kerja, alat berat, dan memberlakukan jam kerja lembur serta koordinasi dengan instansi terkait seperti kepolisian,
Dishub dan pemerintah Kabupaten Gresik.
“Saat ini kita fokuskan jembatan bisa dilewati dulu untuk pekerjaan lanjutan akan dikerjaan setelah arus balik lebaran,” ujar dia.
Jembatan manyar berada di kabupaten gresik Km.Sby 27+053 di bangun tahun 1990-1991 memiliki panjang 60+10 Meter merupakan jembatan jenis rangka baja.
Pekerjaan pemeliharaan jembatan yaitu penggantian lantai jembatan menggunakan beton precast (Double T) sepanjang 60 M dikerjakan oleh PT. Wasis Karya Nugraha dengan konsultan Supervisi PT. Monoheksa mulai kontrak bulan mei 2015.
Perbaikan jembatan manyar satu paket dengan perbaiakan jembatan Tambak Ombo untuk jembatan Tambak Ombo lantai jembatan sudah di bongkar pada 6 Juni 2015 lalu dan sekarang sudah dapat fungsional penuh.
Jembatan Tambak Ombo berada di Kabupaten Gresik Km. Sby 32+440 di bangun pada tahun 1991-1992 memiliki panjang 40 Meter
merupakan jembatan jenis rangka baja.

Bagikan Ke

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *