Close


February 8, 201828 Views

Jaga Kualitas Manajemen Laboratorium dengan ISO/IEC 17025

image_pdfimage_print

Untuk menjaga kualitas manajemen laboratorium, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VIII Surabaya (BBPJN VIII) menggelar pelatihan SNI ISO/IEC 17025:2017. Dalam kesempatan itu Kepala BBPJN VIII I Ketut Darmawahana menekankan pentingnya proses yang baik demi menghasilkan produk yang baik pula.

“Jika ada sedikit proses yang salah, sudah pasti produk yang dihasilkan juga akan salah,” tuturnya ketika membuka acara di Aula Balai Besar Pelakasanaan Jalan Nasional VIII.

Ia menambahkan, pelatihan itu merupakan kesempatan yang tepat untuk menyamakan pemahaman supaya mendapatkan produk yang sesuai dengan ISO/IEC. Dengan diadakan pelatihan SNI ISO/IEC 17025 harapannya produk yang dihasilkan Balai Besar sesuai dengan persyaratan standar dan juga memenuhi prinsip-psrinsip ISO 9001.

Pelatihan yang diadakan untuk lingkup BBPJN VIII ini diikuti oleh 30 peserta dari beberapa bidang BBPJN VIII.

Kasie Pembangunan dan Pengujian Jembatan Hj. RR Rum ‘Auliyati, ST, MM mengatakan, “dengan adanya pelatihan ini,  diharapkan seluruh bidang mampu menerapkan sistem manajemen mutu dan teknis guna meningkatkan efektifitas proses akreditasi laboratorium.”

‘Auliyati berharap, setelah Pelatihan ini struktur-struktur yang dimiliki BBPJN VIII secara kompetensi memiliki legaitas ISO/IEC 17025. Tentunya, setelah melalui  proses audit kelaikan KAN.

Perlu diketahui ISO/IEC 17025 merupakan suatu standar internasional tentang persyaratan umum kompetensi laboratorium pengujian dan kalibrasi yang berkenaan dengan  standar ISO 9000 terbitan tahun 1999.

Terkait adanya standar ISO 9001:2000, keberadaan standar ISO/IEC 17025 kemudian direvisi pada 2005. Praktis, eksistensi laboratorium (pengujian dan kalibrasi) yang sudah mengantongi ISO/IEC 17025 juga dapat dikatakan telah memenuhi prinsip-prinsip ISO 9001.(wira)

Bagikan Ke

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *