Close


September 7, 2015229 Views

ISO/ICE 17025, STANDAR LABORATORIUM

image_pdfimage_print

Foto : Pengendalian Sistem Pelaksanaan Pengujian dan Peralatan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional V mengadakan pelatihan SNI ISO /ICE 17025:2008

[Sidoarjo] Kamis, 27 Agustus 2015, Sebagai bagian dari peningkatan Kualitas Sumber daya Manusia, bidang Pengendalian Sistem Pelaksanaan Pengujian dan Peralatan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional V mengadakan pelatihan SNI ISO /ICE 17025:2008, Kegiatan ini diikuti oleh 20 orang peserta, peserta besaral dari PPK Pelaksana Peralatan Semarang dan Petugas Laboratorium Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional V.
Pelatihan ini menghadirkan Supriyanto dari imara consulting sebagai narasumber, Supriyanto mengatakan acara ini sangat penting bagi laboratorium, karena merupakan penyegaran kepada teknisi-teknisi laboratorium yang lama dan pembekalan untuk teknisi laboratorium yang baru sehingga dapat memelihara dan menerapkan SNI ISO /ICE 17025 lebih baik lagi.
Supriyanto menjelaskan SNI ISO/ICE 17025 adalah suatu standar laboratorium yang diberlakukan secara internasional dan nasional, dengan menerapkan standar SNI ISO/ICE 17025:2008 merupakan bagian untuk memahami persyaratan-persyaratan kompetensi laboratorium, baik kompetensi teknis maupun kompetensi manajemennya.
“ISO/ICE 17025 merupakan acuan utama laboratorium, tidak ada acuan lain selain ini”, kata Supriyanto.
ISO/ICE 17025 adalah perpaduan dari ISO 9001 maupun pedoman kelaboratoriuman sehingga yang sudah memenuhi ISO ini dianggap sudah memenuhi prinsip-prinsip ISO 9001.
Supriyanto menambahkan Sebuah laboratorium dikatakan memenuhi kriteria SNI ISO/ICE 17025 menuju akreditasi diantaranya adalah laboratorium telah menyusun dokumentasi manajemen laboratorium sesuai dengan ISO/ICE 17025 seperti panduan mutu,prosedur-prosedur, formulir-formulir, instruksi kerja dan lain-lain, Kemudian laboratorium sudah melaksanakan SNI ISO/ICE 17025 minimal 3 bulan, personil laboratorium sudah mendapatkan pelatihan yang memadai, peralatan sudah di pastikan status kalibrasinya tersedia , terakhir laboratorium melakukan pembuktian, telah menerapkan jaminan mutu dari hasil ujinya sehingga terbukti laboratorium tergolong bermutu.
Secara umum laboratorium tidak dapat melaksanakan SNI ISO/ICE 17025, atau tidak memiliki akreditasi karena ketidaktahuan bagaimana mengimplementasikan ISO ini sehingga banyak hal-hal yang menjadi kekurangan dari laboratorium itu, dan solusinya adalah pelatihan. kendala yang lain adalah komitmen manajemen puncak, dibutuhkan komitmen tinggi untuk bisa mengerakkan seluruh unsur yang terlibat dilaboratorium. dan yang terakhir adalah patner untuk melakukan uji banding.

Bagikan Ke

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *