Close


December 4, 2018194 Views

Identitas Baru Untuk Jalan Nasional

image_pdfimage_print
  • Identitas Baru Jalan Nasional

Pentingnya suatu identitas bagi seseorang maupun lembaga tentunya tidak dapat dipungkiri lagi, mengingat dengan identitas tersebut seseorang atau lembaga dapat dikenali, meskipun sebagai pengenal identitas tersebut hanya berupa simbol dan lambang. Pemberian identitas dan ciri tersebut berlaku juga untuk jalan nasional, dengan diberlakukannya perubahan terhadap warna marka berupa marka membujur pada jalan nasional.

Pemberian identitas dan ciri jalan nasional tersebut mengacu pada peraturan menteri perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 67 tahun 2018 tentang perubahan atas peraturan menteri perhubungan npmor PM 34 tahun 2014 tentang marka jalan. Nah untuk definisi marka sendiri yaitu suatu tanda yang berada dipermukaan jalan atau diatas permukaan jalan yang meliputi, peralatan atau tanda yang membentuk garis membujur, garis melintang, garis serong, serta lambang yang berfungsi untuk mengarahkan arus lalu lintas dan membatasi daerah kepentingan lalulintas.

Seperti yang tertulis pada PM 67 tahun 2018 pasal 16 ayat dua, marka membujur sebagaimana dimaksud ayat (1) berwarna putih dan kuning untuk jalan nasional, dan putih untuk jalan selain jalan nasional. Dan untuk marka membujur pada jalan nasional yang telah dipasang dinyatakan masih berlaku serta dilakukan penyesuaian dalam jangka waktu paling lama satu tahun sejak PM 67 tahun 2018 ditetapkan.

Penerapan untuk marka jalan nasional nampaknya sudah dilakukan oleh BBPJN VIII, salah satunya PPK Ngawi-Caruban-Nganjuk-Kertosono yang sudah menggunakan marka warna putih dan kuning di jalan lingkar nganjuk. Waskita Wicaksonoadi selaku PPK Ngawi-Caruban-Nganjuk-Kertosono mengatakan penerapan warna marka untuk jalan nasional setelah diruas jalan tersebut telah direkontruksi.

“untuk ruas jalan dilingkar nganjuk memang diberi warna marka jalan putih dan kuning, sesuai dengan peraturan menteri perhubungan, kita berharap dengan pemberian identitas untuk jalan nasional tersebut masyrakat tidak bingung lagi membedakan status jalan.” Ungkap pria yang akrab disapa sony tersebut.

Bagikan Ke

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *