Close


July 18, 201920 Views

Groundbreaking, Pembangunan Jalan Baru Mengwitani – Singaraja Titik 4 Dikerjakan

image_pdfimage_print

Pembangunan shortcut Mengwitani-Singaraja KM 47+800 (SC 4) terus dikebut. Shortcut titik 4 yang berada di desa Candikuning, Baturiti, diresmikan secara seremonial. Acara groundbreaking untuk pekerjaan pembangunan shortcut tersebut dilakukan oleh gubernur Bali Wayan Koster. Pembangunan SC 4 tersebut menelan anggaran Rp. 116.289.381.000 dengan waktu pelaksanaan 197 hari kalender. Total jalan utama sepanjang 1.096 Meter yang terdiri dari pembangunan jalan sepanjang 611 meter dan pembangunan jembatan dengan panjang 485 m.

Dalam sambutannya Gubernur Koster menegaskan akan mengawal terus pembangunan shortcut Mengwitani – Singaraja hingga secara keseluruhan dapat selesai di tahun 2021. Terkait dengan masalah pembebasan lahan pihaknya menargetkan akan selesai dalam waktu dekat. Koster juga kembali mengingatkan terkait dengan pembebasan lahan nantinya jangan sampai menimbulkan ketidakpuasan terhadap warga yang lahannya terkena pembebasan pembangunan shortcut Mengwitani-Singaraja.

Gubernur Bali juga sedikit bercerita terkait dengan pembebasan lahan untuk pembangungan shortcut Mengwitani – Singaraja, Proyek tersebut mendapat apresiasi dari masyarakat lantaran lahan yang dibebaskan mendapat harga yang pantas, dan warga yang terdampak diperlakukan dengan baik. “bahkan ada yang kita buatkan rumah baru dengan sanggah-nya” tutur Koster.

Nantinya ketika proyek pembangunan shortcut telah rampung semua, akan mempersingkat jarak tempuh Mengwitani – Buleleng, tapi juga meningkatkan kenyamanan berkendara. Masih dalam kesempatan yang sama, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII, I Ketut Darmawahana mengatakan hingga saat ini progress pembangunan titik 5 dan titik 6 telah mencapai 60 Persen. “Untuk titik 3 telah rampung 30 persen, dan titik 4 sudah jalan 30 persen.” Terang beliau.

Ketut mengatakan untuk titik 3-4 akan mempersingkat waktu tempuh 5 menit dengan jarak yang lebih pendek, serta lebih nyaman untuk berkendara. “dari 15 tikungan tinggal 5, juga jauh lebih landai dengan kemiringan 6 derajat,” jelasnya. Turut juga hadir dalam acara groundbreaking tersebut dihadiri Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto dan Bupati Tabanan Eka Wiryastuti. Kapolres Tabanan, Made Sinar Subawa dan Dandim 1619 Tabanan, Toni Sri Hartanto

Bagikan Ke

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *