Close


November 7, 201855 Views

Ditarget Akhir 2018, Akses jalan Kebun Raya Eka Karya Rampung

image_pdfimage_print

Hujan deras mengguyur di kebun raya Eka Karya Bedugul di desa Candi Kuning, kecamatan Baturiti, Tabanan tepatnya pada tanggal 1 februari 2018. Hujan yang terjadi selama beberapa hari menyebabkan longsornya tanah dan berimbas pada penutupan kebun raya selama beberapa hari dan menyebabkan kawasan kebun raya tertutup lumpur setebal 60 sentimeter, tak hanya itu terjangan air bah juga merusak beberapa kerusakan infrastrukuktur yang lainnya.

Kerugian akibat tanah longsor dan banjir hampir mencapai 2 Miliar serta sedikitnya 12 pura mengalami kerusakan yang cukup parah dan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Penanganan bencana dilakukan oleh kementerian PUPR dann Dinas terkait dengan mengerahkan alat berat guna mempermudah melakukan pembersihan lokasi longsor di kebun raya. Perlu diketahui bencana yang serupa juga pernah terjadi pada tahun 2017 di kebun raya eka karya.

Kepala Balai konservasi tumbuhan kebun raya Eka Karya-LIPI sempat melayangkan surat permohonan ke Kementerian PUPR terkait dengan bantuan untuk perbaikan infrastruktur dikawasan kebun raya. Dengan dasar Surat permohonan tersebut kementerian PUPR melalui BBPJN VIII segera melakukan survey ke lokasi terkait dengan recana penanganan yang harus dilakukan.

I Ketut Payun Astapa selaku PPK Tabanan – Mengwitani – Singaraja – Dalam Kota Singaraja yang ditunjuk oleh BBPJN VIII untuk menangani longsor dikebun raya mengatakan panjang efektif yang ditangani 3,45 KM. “tak hanya pekerjaan perkerasaan aspal yang kita tangani, tapi juga penggantian saluran drainese supaya aliran air bisa lancar saat hujan.” Ungkapnya. Saat ditanya mengenai nilai kontrak untuk rehabilitasi jalan kebun raya eka karya, pria berkacamata tersbut menjelaskan sumber dana diambil dari APBN 2018 dengan nilai kontrak sebesar Rp. 7.248.154.000,- dengan waktu pelaksanaan 88 Hari kalender dan targetkan pada pengjujung tahun 2018 akan rampung.

Untuk pekerjaan penggantian saluran drainase dilakukan pada segmen satu, saluran yang lama akan diganti dengan mengunakan saluran U tipe 800×1000 mm dengan pentutup, lantara saluran lama sudah mengalami kerusakan dan tidak mampu menampung air hujan. Selain pekerjaan tersebut juga dilakukan raising sepanjang 150 meter menuju akses pura batu. Dan pekerjaan over lay AC-WC dengan total panjang 3,450 km dengan ketebalan 4 cm.

Bagikan Ke

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *