Close


May 22, 201946 Views

BBPJN VIII Pastikan Jalan Nasional Siap Sambut Arus Mudik Lebaran

image_pdfimage_print

Berbagai persiapan dilakukan oleh pemerintah pusat untuk menghadapi momen tahunan mudik lebaran idul fitri 1440 H, yang diperkirakaan akan jatuh pada tanggal 5 Juni 2019. Salah satunya kesiapan infrastruktur yang terus dilakukan oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasinol VIII ( BBPJN VIII) Surabaya.

Persiapan yang telah dilakukan sejak H-30 tersebut diharapkan mampu memberikan kenyamanan dalam berkendara saat melakukan perjalanan mudik.

Kepala BBPJN VIII I Ketut Darmawahana saat jumpa pers dengan media di kantornya pada Rabu siang (22/5) mengatakan tim pemantau kesiapan jalur lebaran dari Jakarta sudah turun ke lapangan pada H-30 dan telah memberikan rekomendasi perbaikan-perbaikan yang harus dilakukan, semua catatan-catatan itu sudah selesai pada H-10.

” H-10 lebaran tidak ada lagi pekerjaan fisik dilapangkan yang akan menggangu arus lalulintas,  tidak ada lagi  alat berat dilapangan dan juga material di bahu jalan” tutur Ketut.

Yang diperbolehkan hanya pekerjaan rutin seperti nambal lubang karena lubang yg ada harus segera di tambal. Untuk mengantisipasi produsen aspal yang tutup selama H-10 dan H+10 pihaknya telah menyiapkan aspal asbuton yg sudah di kemas di karung yg disiapkan di masing-masing posko.

Ia menambahkan Upaya yang  dilakukan sudah optimal, kondisi jalan dalam keadaan baik, saluran drainase berfungsi,bersih dari kotoran, memeriksa kondis abutmen, pier serta oprit jembatan tidak tergerus, dan terutama memeriksa rusa jalan dan daerah yang rawan longsor. Memastikan rumija tetap bersih dan kemeringan pada bahu jalan dapat dialiri air yang mengalir serta panjang rumput tidak melebihi 10 cm, serta tidak ada genangan air lebih dari 2 jam. Selain itu pihaknya juga menyiagakan 25 posko dengan peralatan lengkap sehingga apabila ada gangguan di jalan  dapat langsung ditangani Selain itu posko  juga dapat  dimanfaat pemudik untuk rest area , selain itu di 21 titik ruas jalan nasional yang rawan longsor juga disiapkan alat berat yang dekat dengan posko “ jadi apabila ada jalan longsor sewaktu-waktu alat bisa digunakan, jadi tdak perlu waktu yang lama ” Imbuh I Ketut.

Bagikan Ke

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *