Close


March 11, 2016145 Views

BBPJN V Lakukan Penanganan Kerusakan Jalan

image_pdfimage_print

Foto : Kinerja BBPJN V dalam menangani kerusakan jalan akibat banjir

BBPJN V Lakukan Penanganan Kerusakan Jalan- Lubang adalah salah satu gangguan kenyamanan dan keamanan pengguna jalan yang kerap timbul saat musim penghujan tiba. Perpaduan antara volume kepadatan lalu lintas dan tumpahan air hujan merupakan kombinasi yang dapat mempercepat timbulnya lubang di badan jalan. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) V melakukan sejumlah penanganan terkait kerusakan jalan akibat banjir di wilayah Jawa Timur.
Seperti yang terlihat di Simpang Babat depan pertigaan Rumah Makan Mira, pekerjaan penanganan kerusakan jalan dilakukan dengan sistem Salob atau Sapu Lobang. Sejak tanggal 9 hingga 11 Maret 2016, pekerjaan salob dimulai dengan melapisi jalan menggunakan cement treated base (CTB) untuk pertigaan ke arah Babat dan penutupan lubang dengan menggunakan Agregat kelas A untuk pertigaan ke arah Surabaya. Kemudian pekerjaan akan dilanjutkan pelapisan aspal (hotmix) mulai tanggal 11 hingga 14 Maret 2016.
Begitupula penanganan Jalan Kalianak dan Jalan di Wilayah Waru-Taman-Krian (Trosobo) yang sudah dimulai sejak bulan Februari 2016 menggunakan metode salob. Langkah penangannanya dengan mengupas lapisan jalan menggunakan Cold Milling Machine (CMM) kemudian ditambal (patching) dengan menggunakan Tambalan Cepat Mantap (TCM) dan terakhir dilapisi dengan menggunakan aspal (hotmix).

Bagikan Ke

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *