Close


April 26, 201911 Views

Bangun Tanggap Evakuasi Kebakaran Melalui Simulasi

image_pdfimage_print

Beberapa orang terlihat lari tergesa-gesa di gedung Soebengat BBPJN VIII, suara sirene meraung memekakan ditelinga di gedung berlantai 4 tersebut, tampak  dua pegawai BBPJN VIII berlari ke lantai 2 menuju ruang rapat sambil membawa APAR ( alat pemadam Api Ringan ), beberapa pegawai lainnya juga terlihat menyelematkan diri menuruni tangga darurat, sebagian pegawai lainnya juga terlihat menyelamatkan sebagian dokumen penting.

Beberapa saat kemudian 2 orang korban dikeluarkan dari lokasi kebakaran ke tempat yang terbuka dan aman, beberapa karyawati juga melakukan tindakan pertolongan pertama pada korban luka bakar.

Namun itu hanya simulasi evakuasi kebakaran gedung dengan korban luka yang diadakan di BBPJN VIII Surabaya. Ini pertama kalinya diadakan simualasi evakuasi kebakaran gedung, dengan melibatkan peran karyawan karyawati secara langsung.

Sehari sebelum diadakan simulasi evakuasi kebakaran, diadakan materi mengenai terbentuknya api, bahan berbahaya mudah terbakar, pencetus kebakaran, hingga hal-hal yang berbahaya saat terjadi kepanikan saat kebakaran, penyajian materi ini juga dilengkapi dengan video sehingga mudah dipahami.

Widagdo Endang Suroso selaku narasumber dan petugas pemadam kebakaran kantor PMK pasar Turi Surabaya, mengatakan nanti saat simulasi evakusai akan dibagi menjadi beberapa tim, meliputi, cara berkomunikasi,penyelamatan korban, evakuasi dokumen penting serta pengamanan lokasi kebakaran. “nanti pada saat simulasi evakuasi masing-masing tim sudah mengetahui tugasnya masing” tandas Widagdo.

Selain itu simulasi juga dapat meningkatkan pengetahuan dan pengalaman bagi seluruh karyawan. Sebagai Kementerian pembina jasa konstruksi dan pembina bangunan gedung di Indonesia, tentunya warga PUPR harus mengetahui langkah dan tindakan saat menghadapi bencana baik kebakaran, gempa bumi dan lain-lain.

Bagikan Ke

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *