Close


December 1, 201675 Views

Aksi menanam 1000 Pohon di Puncak Gunung Kelud

image_pdfimage_print

Foto : Kementerian PUPR melakukan aksi penanaman pohon serentak di 34 provinsi dengan tema “ Penyelamatan Hutan, Tanah dan Air ”. Untuk Provinsi Jawa Timur dipusatkan di Puncak Gunung Kelud Kabupaten Kediri

Aksi Menanam 1000 Pohon di Puncak Gunung Kelud
Kediri – Untuk mensukseskan Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GN-KPA) Kementerian PUPR melakukan aksi penanaman pohon serentak di 34 provinsi dengan tema “ Penyelamatan Hutan, Tanah dan Air ”. Untuk Provinsi Jawa Timur dipusatkan di Puncak Gunung Kelud Kabupaten Kediri, (30/11). Dipilihnya lokasi gunung Kelud karena lokasi ini perlu dilakukan penghijauan untuk mengatasi lahan kritis.
Penanaman pohon dilakukan diantaranya oleh Direktur Bina Kompetensi dan Produktivitas Konstruksi Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Masrianto, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas M Amir Hamzah, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VIII I Ketut Darmawahana, Kepala Dinas Bina Marga Jawa Timur Dahlan dan unsur dari TNI, Polri, SKPD Provinsi dan Kabupaten , BUMN, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dan masrarakat di sekitar lokasi yang jumlahnya sekitar 400 orang.
“ 1000 pohon jenis Trembesi, Mahoni dan Sono ditanam di gunung Kelud, 500 pohon sudah ditanam kemaren dan hari ini akan ditanam 500 pohon ”, kata Amir Kepala BBWS Brantas. Ia menambahkan Selain di gunung Kelud penanaman pohon juga dilakukan di tempat lain dan di sebar di beberapa lokasi, misalnya BBWS menanam 2100 pohon di Sarana dan Prasarana BBWS dan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VIII menanam 5700 pohon di sepanjang Jalan Nasional di Provinsi Jawa Timur dan Bali.
Sementara Itu Masrianto saat membuka acara menjelaskan Kementerian PUPR setiap tahunnya telah berpartisipasi aktif menambah pohon di Indonesia melalui aksi menanam pohon diberbagai proyek infrastruktur bidang PUPR seperti di sempadan sungai, waduk dan jalan arteri maupun jalan tol. Jumlah pohon yang ditanam oleh Kementerian PUPR pada tahun 2016 adalah sebanyak 361,202 pohon, hingga bulan oktober telah ditanam 160.195 dan bulan November sampai dengan Desember akan ditanam 201,007 pohon.
Tantangan yang dihadapi dalam pengelolaan air semakin berat dan komplek, kita sering mengalami kekeringan dimusim kemarau dan kebanjiran di musim hujan, untuk menjawab tantangan itu pemerintah, masyarakat dan dunia usaha perlu bersinergi untuk menyelamatkan air melalui program dan aksi konkrit salah satunya adalah penanaman pohon ini. Penanaman pohon akan meningkatkan luasan dan kualitas ruang terbuka hijau sebagai fungsi esensial ekologis dan ruang kehidupan kita yang lebih berkualitas.
Kegiatan penanaman pohon dapat dijadikan momentum strategis dalam upaya mengantisipasi dampak perubahan iklim global, degradasi dan deforestasi.

Bagikan Ke

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *