Close


January 19, 2018183 Views

Biro Umum Sekretariat Jenderal Kementerian PUPR memberikan pendampingan penggunaan Aplikasi Tata Naskah Dinas Elektronik

image_pdfimage_print
  • Foto : Kasubag Tata Naskah Dinas Biro Umum direktorat Jenderal Yudianingsih menjadi narasumber saat acara pendampingan penggunaan Aplikasi Tata Naskah Dinas Elektronik (TNDE)

Biro Umum Sekretariat Jenderal Kementerian PUPR memberikan pendampingan penggunaan Aplikasi Tata Naskah Dinas Elektronik (TNDE) dilingkungan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VIII pada pada Kamis (18/1).

Kasubag Tata Naskah Dinas Biro Umum direktorat Jenderal Yudianingsih selaku narasumber mengatakan di tingkat Pusat semua unit sudah menggunakan TNDE, pihaknya tahun 2017 bahkan mengadakan lomba penggunaan TNDE di tingkat pusat hal ini dilakukan untuk mendorong unit kerja menggunakan TNDE.

“ Tahun ini kita akan melombakan penggunaan TNDE di tingkat daerah, untuk itu februari 2018 semua unit organisasi atau unit kerja di Lingkungan PUPR, baik yang di pusat maupun yang di daerah wajib menggunakan TNDE” Kata Ningsih.

Ningsih menjelaskan TNDE adalah pengelolaan naskah dinas secara elektronik dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kecepatan dan kemudahan dalam proses pengambilan keputusan.

Ia menambahkan penggunaan TNDE merupakan keharusan karena tuntutan reformasi birokrasi untuk menciptakan tata laksana pemerintahan yang lebih jelas, efektif, efisien, dan akuntabel serta tertib administrasi dan keseragaman dalam penyelenggaraan TNDE Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dalam mendukung penyelenggaraan administrasi pemerintahan. Selain itu dasar hukumnya juga jelas Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 80 tahun 2012 tentang Pedoman Tata Naskah Dinas Instansi Pemerintah dan Peraturan Menteri PUPR No. 34/PRT/M/2016 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No. 07/PRT/M/2016 tentang Pedoman Tata Naskah Dinas Kementerian PUPR.

Dengan menggunakan TNDE disposisi surat dapat dilakukan dimanapun oleh pimpinan karena berbasis internet dan mobile, disposisi surat dapat dipantau sampai ke level staf serta dapat mengurangi penggunaan kertas.

TNDE  dikelola oleh Biro Umum dan Pusat Pengolah Data, Biro Umum memiliki tugas pengembangan konsep sistem TNDE, pembinaan teknik operasional TNDE dan monitoring serta evaluasi pelaksanaan TNDE sedangkan Pusat Pengolah Data bertugas mengembangkan sistem TNDE, mengembangan infrastruktur dan jaringan sistem TNDE, pengelolaan infrastruktur dan jaringan sistem TNDE serta keamanan data pada aplikasi sistem TNDE.

 

 

 

Bagikan Ke

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *